Rabu, 13 Februari 2013

Pelengkap Fedora 18

Update

Langkah pertama pasca instalasi adalah melakukan update. Proses update memerlukan koneksi internet yang cukup handal dan persiapan biaya buat mengisi kuota band width internet yang kita pakai. Prosesnya dapat menggunakan perintah yum:





$sudo yum update

Repository RPM Fusion

Meskipun dapat dilakukan pemasangan RPM Fusion melalui Fedorautils yang dibuat oleh Satyajit Sahoo, ada baiknya Repo RPM Fusion dipasang/ditambahkan manual dari situsnya http://rpmfusion.org. Pemasangan Repo RPM Fusion melalui Fedorautils biasanya akan menemui masalah jika ada paket yang diupdate berasal dari RPM Fusion. Yum akan menyebutkan problem mengenai GPG Key RPM Fusion. Oleh karena itu sebaiknya Repo RPM Fusion ini dilakukan manual.



$sudo yum localinstall --nogpgcheck http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-18.noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-18.noarch.rpm


Fedora Utils

Ini merupakan tools bagus guna mempersingkat dan meringkas pemasangan beberapa paket aplikasi yang tidak terdapat pada Repo Fedora yang resmi dan bersifat murni Open Source. Repo yang free namun bukan Open Source ada di beberapa situs penyedia Repo, seperti RPM Fusion, Remi Collet, FreshRPMS Google, ataupun Livna. Memasang Fedora Utils cukup mudah, lakukan saja perintah ini;

su -c "curl http://download.opensuse.org/repositories/home:/satya164:/fedorautils/Fedora_17/home:satya164:fedorautils.repo -o /etc/yum.repos.d/fedorautils.repo && yum install fedorautils


Fedora Utils dapat melalukan beberapa tugas seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:





fedora utils 3.0.0

Hal yang pertama dapat dilakukan adalah melakukan Essential tweaks & tasks, seperti memasnag flash plugin dari Adobe, memasang repo Adobe, font rendering, multimedia codecs dan beberapa software untuk menambah fitur dan kapasitas Fedora 18.

http://funsurf-blog.blogspot.com/

Khusus untuk Oracle Java dan nVidia video driver sengaja dilewat dulu, agar mengerti proses yang penting ini sebaiknya dilakukan manual saja, utamanya bagi yang sedang belajar pemrograman bahasa Java, ataupun menggunakan aplikasi berbasis java di linux seperti Netbeans, Eclipse, Visualparadigm ataupin *astah. Centang seperti gambar di atas, pilih Select, lalu nikmati cemilannya :-P , atau sekedar update status :-) . Lumayan cukup lama tergantung kapasitas bandwidth yang dimiliki. Proses semua instalasi di atas dapat dilihat melalui Terminal yang terbuka sewaktu Fedora Utils dijalankan.

YUMEX

Yumex adalah aplikasi yum yang memiliki Graphical User Interface. Aplikasi ini memudahkan kita untuk memasang aplikasi dan paket-paket lainnya. Aplikasi ini lebih mudah digunakan ketimbang gpk-application bawaan GNOME 3. Untuk instalasi YUMEX adalah sebagai berikut:

$sudo yum install yumex
***Sumber***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar